Tips agar Keripik Kentang Lebih Renyah

Hampir tiap orang pasti menyukai keripik kentang. Menu ini biasa menemani kita dikala santai bersama keluarga. Membuatnya pun cukup mudah, dan rasanya tidak kalah dengan yang dijual di pasaran.

Namun, keripik kentang yang dibuat sendiri seringkali kurang renyah, kurang enak dikunyah, sehingga mengurangi cita rasa keripik kentang itu sendiri.

Berikut ini ada beberapa tips agar keripik kentang buatan anda terasa lebih garing:
keripik kentang renya
  • Gunakan kentang yang tua

    Gunakanlah kentang yang cukup tua. Hindari penggunaan kentang yang masih muda, karena kandungan airnya yang cukup tinggi. Kentang yang tua memiliki ciri-ciri kulit ari yang tidak mudah terkelupas.
  • Iris kentang sampai benar-benar tipis

    Ketebalan irisan kentang sangat berpengaruh pada kerenyahan keripik. Potongan yang terlalu tebal bisa membuat keripik jadi kurang garing. Saat memotong kentang, gunakanlah pisau yang tajam agar irisan benar-benar tipis. Sebaiknya iris tipis kentang sampai membentuk lembar transparan, kemudian cuci sampai bersih.
  • Rendam dalam air kapur sirih

    Air kapur sirih bermanfaat untuk membuat keripik lebih renyah. Setelah dicuci bersih, rendamlah irisan keripik ke dalam larutan air kapur sirih selama 20 menit. Merendam kentang ke dalam air sirih berguna untuk membuat lapisan kentang menjadi lebih keras dan kuat sehingga saat digoreng akan jadi lebih garing. Jika ingin keripik nantinya lebih gurih, tambahkan garam saat perendaman dengan air kapur sirih. Saat akan digoreng, tiriskan irisan kentang sampai benar-benar kering.
  • Goreng keripik kentang dua kali

    Gorenglah kentang dalam minyak yang cukup banyak dan panas. Yang harus diingat, jangan memasukkan kentang terlalu banyak ke dalam minyak agar tidak menempel satu sama lain. Goreng keripik ini sampai matang dan garing, lalu tiriskan.
    Pada tahap ini kentang memang sudah garing, tetapi belum sepenuhnya karena dalam minyak pertama masih terdapat cukup banyak kandungan air yang tertinggal. Agar semakin kering dan renyah, keripik harus digoreng dua kali. Maka setelah ditiriskan, goreng kembali kentang di wajan yang berbeda dengan minyak baru yang banyak dan panas. Selain jadi lebih garing, keripik pun lebih awet.
Tips yang cukup mudah, bukan? Saya rasa kita semua bisa membuat keripik kentang yang gurih dan renyah dengan tips-tips di atas. Selamat mencoba.

0 comments:

Posting Komentar