Cara Mencuci Buah agar Kotorannya Hilang Seluruhnya

Akhir-akhir ini banyak yang diberitakan banyaknya buah yang disuntik dengan bahan kimia berbahaya agar bisa cepat matang, dan lebih awet. Adanya lapisan lilin, bahan kimia, serta kotoran pada kulit buah sangat membahayakan kita bila mengonsumsi buah tersebut.

Salah satu tanda buah yang disuntik adalah adanya bintik-bintik hitam di permukaan kulit. Untuk meminimalisasi risiko yang dialami akibat adanya kandungan lapisan lilin dan bahan lainnya, maka buah harus dicuci terlebih dulu.

mencuci buah yang benar

Pencucian buah yang kita lakukan tidak berarti bisa menghilangkan lapisan lilin dan bahan kimia ini seratus persen, paling tidak kadarnya sudah berkurang dan sisa kotoran yang masuk ke dalam tubuh masih bisa diatasi oleh sistem antibodi seseorang.

Seorang pakar nutrisi, Emilia E. Achmadi MS, RD menjelaskan bahwa kita tidak bisa sembarangan mencuci buah untuk dikonsumsi. Ia merekomendasikan cara mencuci buah berikut ini, agar kotoran di kulit buah hilang seluruhnya.
  1. Buah Dicuci dengan air mentah yang mengalir

    Ketika buah baru dibeli dari pasar, sebaiknya buah langsung dicuci dengan air mentah agar kotoran di permukaannya hilang. Selain itu, usahakan untuk selalu mencuci buah di bawah air mengalir. Jangan sekali-kali merendam buah dalam sebuah wadah, karena hal ini akan membuat kotoran buah yang sudah terlepas menempel kembali.
  2. Buah Dicuci dengan air hangat

    Setelah dicuci dengan air mentah, cuci kembali buah dengan air hangat. Air hangat ini berfungsi untuk mengurangi lapisan lilin yang ada di permukaan buah, serta bahan lainnya. Air hangat ini mudah merontokkan kotoran-kotoran yang lebih bandel di permukaan dibanding dengan air dingin. Usahakan untuk mencuci buah ini dengan cara menggosok permukaannya.
  3. Buah Dilap dengan lap bersih dan kering

    Setelah dicuci, keringkan buah dengan lap yang kering dan bersih untuk menghilangkan sisa kotoran yang mungkin masih menempel akibat percikan air kotor bekas mencuci buah.
Dengan ketiga cara di atas, maka kotoran-kotoran yang berada di kulit buah dapat hilang seluruhnya. Memang tidak seratus persen hilang, namun paling tidak cukup aman bila buah tersebut kita konsumsi. Demikianlah, semoga cara-cara mencuci buah yang direkomendasikan oleh pakar nutrisi dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 comments:

Posting Komentar