Tips Membuat Roti agar Mengembang Sempurna

Bagi banyak orang, membuat roti bukan pekerjaan yang mudah. Kadang roti menjadi terlalu keras, gosong, atau malahan bantat. Sebenarnya membuat roti amatlah mudah dilakukan, asalkan banyak latihan untuk mendapatkan citarasa dan roti yang sempurna.

roti tawar

Beberapa Chef menyarankan agar anda tidak selalu terpaku pada resep, dan berani memodifikasi resep untuk mendapatkan tekstur roti seperti yang diinginkan. Contohnya jika dalam resep menggunakan 0,5 kg tepung terigu, sebaiknya campur terigu dengan tepung lainnya seperti tepung gandum namun dengan total campurannya 0,5 kg.

Untuk menghasilkan roti yang terbaik, jangan terlalu sering menyentuh adonan roti dengan tangan saat menguleni roti. Ragi pada roti tidak akan mengembang sempurna ketika terlalu banyak ditekan. Istirahatkan sejenak adonan roti agar mengembang sempurna, dan membentuk karbondioksida yang cukup untuk melembutkan tekstur roti.

Untuk memaksimalkan upaya Anda dalam membuat roti, gunakan wadah yang terbuat dari stainless steel, granit, marble, atau wadah kayu, agar ragi bisa bekerja maksimal dan roti memiliki hasil yang sempurna.

Dari penjabaran di atas, dapat kita buat daftar apa yang sebaiknya dilakukan ketika membuat roti agar mengembang sempurna, yaitu:
  • Banyak latihan
  • Tidak terlalu terpaku pada resep. Dan berani mencoba inovasi baru.
  • Jangan terlalu sering menyentuh adonan dengan tangan, dan jangan terlalu banyak ditekan agar karbondioksida dapat melembutkan tekstur roti.
  • Gunakan wadah stainless steel, granit, marble atau wadah kayu agar ragi bekerja maksimal.
Semoga bermanfaat, dan semoga roti yang anda buat dapat mengembang sempurna dengan tekstur yang lembut.

1 comments: